Sivitas Akademika

Apa Itu Sivitas Akademika? Simak Penjelasan Sesuai Aturannya

Ramai soal sejumlah sivitas akademika yang mengkritik pemerintahan https://www.ggjayatrans.com/ Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkenaan kondisi demokrasi di Indonesia di sedang jaman Pemilihan Umum (Pemilu 2024) saat ini. Kritik tersebut disampaikan melalui petisi.

Terkait petisi yang dikeluarkan sejumlah sivitas akademika itu, Presiden Jokowi menanggapinya sebagai hak demokrasi dan mesti dihargai. “Itu hak demokrasi mesti kami hargai ya,” kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024).

Seperti dihimpun, setidaknya tersedia 5 kampus yang perlihatkan sikapnya berkenaan demokrasi jelang Pemilu 2024. Pernyataan sikap itu di mulai UGM, lantas diikuti UII, UI, Unpad, hingga UMJ.

Terlepas dari hal petisi, arti sivitas akademika sendiri ikut ramai dan menarik perhatian sebagian publik yang mencari tahu perihal apa yang dimaksud bersama dengan sivitas akademika. Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasannya tersebut ini:

Apa Itu Sivitas Akademika?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sivitas akademika atau yang di dalam bhs Inggris disebut civitas academica artinya kelompok (warga) masyarakat akademik yang terdiri atas dosen dan mahasiswa bersama dengan perwakilannya yang terbentuk melalui senat masing-masing.

Sementara pengertian Sivitas Akademika dicantumkan di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 perihal Pendidikan Tinggi. Dalam Pasal 1 Ayat (13) dijelaskan bahwa Sivitas Akademika adalah masyarakat akademik yang terdiri atas dosen dan mahasiswa.

Dosen sebagai anggota Sivitas Akademika mempunyai tugas mentransformasikan pengetahuan pengetahuan dan/atau teknologi yang dikuasainya kepada mahasiswa bersama dengan mewujudkan kondisi studi dan pembelajaran agar mengembangkan potensinya. (Pasal 12)

Baca juga:

Tips Mudah Belajar Bahasa Korea Agar Cepat Bisa

Mahasiswa On Going Bisa Daftar Beasiswa LPDP 2024, Apa Syaratnya?

Mahasiswa sebagai anggota Sivitas Akademika diposisikan sebagai insan dewasa yang mempunyai kesadaran sendiri di dalam mengembangkan potensi diri di Perguruan Tinggi untuk menjadi intelektual, ilmuwan, praktisi, dan/atau profesional. (Pasal 13)

Sivitas Akademika merupakan komunitas yang mempunyai formalitas ilmiah bersama dengan mengembangkan budaya akademik. Sivitas Akademika berkewajiban memelihara dan mengembangkan budaya akademik bersama dengan memperlakukan pengetahuan pengetahuan dan teknologi sebagai proses dan produk serta sebagai amal dan paradigma moral. (Pasal 11)

Sivitas Akademika berfaedah sebagai komunitas ilmiah yang berwibawa dan sanggup melaksanakan jalinan yang mengangkat martabat bangsa Indonesia di dalam pergaulan internasional.

Kebebasan Sivitas Akademika

Dalam Pasal 8 dan Pasal 9 UU Nomor 12 Tahun 2012 dijelaskan bahwa, Sivitas Akademika mempunyai kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan, di dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan pengetahuan pengetahuan dan teknologi.

Kebebasan akademik merupakan kebebasan Sivitas Akademika di dalam Pendidikan Tinggi untuk mendalami dan mengembangkan pengetahuan pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab melalui pelaksanaan Tridharma.

Kebebasan mimbar akademik merupakan wewenang profesor dan/atau dosen yang mempunyai otoritas dan wibawa ilmiah untuk perlihatkan secara terbuka dan bertanggung jawab perihal suatu hal yang perihal bersama dengan rumpun pengetahuan dan cabang ilmunya.

Otonomi keilmuan merupakan otonomi Sivitas Akademika terhadap suatu cabang pengetahuan pengetahuan dan/atau teknologi mengembangkan, di dalam mengungkapkan, menemukan, dan/atau menjaga kebenaran ilmiah menurut kaidah, metode keilmuan, dan budaya akademik.