tips membeli komputer agar tidak salah pilih

Beberapa Tips Membeli Komputer Agar Tidak Salah Pilih

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang tips membeli komputer yang sesuai dengan kebutuhan? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang tips membeli komputer agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada masa kini untuk membeli komputer baru itu bukanlah yang begitu sulit. Tidak sulit berarti Anda memiliki budget dana yang yang tidak terbatas. Namun bagi Anda yang memiliki budget dana kecil, membeli suatu komputer baru harus dilakukan dengan sangat jeli. Pasalnya, jika Anda membeli barang yang salah, hal itu tidak hanya akan berkualitas buruk, tetapi juga menghabiskan uang Anda dengan sia-sia. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli komputer baru, sebaiknya simak penjelasan tips membeli komputer agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Membeli Komputer

1. Pastikan dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips membeli komputer pada tempat pertama, Anda perlu memperhatikan penyesuaian dengan kebutuhan Anda nantinya. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan untuk apa Anda membeli komputer baru. Jika digunakan untuk keperluan kantor, belilah komputer dengan spesifikasi di bawah rata-rata. Jika Anda membutuhkan komputer untuk bermain game dan pekerjaan berat lainnya, Anda memerlukan spesifikasi menengah hingga tinggi.

2. Pahami dan Pilihlah Spesifikasi yang Sesuai

Semua komponen-komponen pada komputer itu penting, tetapi ada beberapa komponen yang menentukan kinerja komputer. Beberapa komponen ini termasuk CPU, RAM, Storage, dan GPU. CPU menjadi otak dan inti dari kinerja komputer itu sendiri. Oleh karena itu, jika Anda memiliki dana lebih gunakan CPU generasi baru. Selain itu RAM juga menjadi komponen yang sangat penting dalam kinerja suatu komputer, saat ini setidaknya komputer memiliki 4 GB ram untuk menjalankan Windows 10 secara maksimal.

Selanjutnya storage menjadi penyimpanan pada suatu komputer, saat ini SSD menjadi pilihan yang sangat tepat dalam menunjang kinerja komputer. Komponen lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah GPU, jika Anda ingin menggunakannya sebagai gaming desktop, sebaiknya pilihan GPU yang memiliki kinerja tinggi. Namun jika Anda tidak menginginkan kinerja tinggi pada PC Anda, cukup pilih GPU yang dapat mendisplay PC Anda.

3. Perhatikan Software Komputer

Tips membeli komputer baru, yaitu perhatikan softaware yang digunakan. Pada PC baru biasanya terdapat penawaran untuk perangkat lunak dan aplikasi yang diinginkan. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, pastikan beberapa aplikasi dan perangkat lunak bawaan Windows juga akan diinstal. Jika Anda memerlukan penginstalan aplikasi tertentu, pastikan aplikasi tersebut dapat berjalan di sistem yang Anda gunakan. Ini karena tidak semua perangkat lunak dan aplikasi mungkin kompatibel dengan semua sistem operasi.

Beberapa aplikasi penting yang perlu ditambahkan adalah Antivirus. Perangkat lunak anti-virus harus diinstal pada komputer untuk melindungi sistem komputer. Aplikasi lain yang perlu diinstal adalah pembersih sampah sistem. Aplikasi ini akan sangat berguna ketika memori harddisk tiba-tiba penuh dan memperlambat kinerja komputer.

4. Perhatikan Support Device Lainnya

Untuk menggunakan komputer standar, Anda hanya memerlukan perangkat keras komputer yang diperlukan. Perangkat ini termasuk monitor, mouse, keyboard, dan jaringan komputer. Perangkat tambahan lainnya Anda dapat menambahkan printer, sistem suara, CD-ROM, dan periferal lainnya.

Tampilan dianggap sebagai elemen penting karena tanpanya Anda tidak dapat melihat data yang dihasilkan oleh CPU. Anda dapat memilih dari berbagai jenis layar sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan layar yang digunakan berkualitas baik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Jika Anda menginginkan monitor gaming, Anda dapat melihat monitor gaming termahal di dunia saat ini.

Mouse dan keyboard juga merupakan perangkat yang penting karena fungsi mouse dan keyboard pada komputer adalah untuk menginput data dan mengolah data pada komputer. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda jika menggunakan versi kabel atau menggunakan versi nirkabel.

5. Pastikan Komputer Tersebut Memiliki Garansi

Setiap barang elektronik memerlukan garansi atau garansi. Tentu saja, kita tidak ingin membeli perangkat komputer baru, tetapi sangat rapuh, dan banyak masalah akan muncul dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, tips membeli komputer terakhir yaitu adanya garansi, garansi dapat menjamin bahwa barang yang Anda beli akan diganti dengan yang baru secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Namun, adanya jaminan ini tidak berarti kita dapat menangani komputer secara sembarangan. Karena ada peraturan khusus yang mengatur bahwa garansi dapat dilakukan jika terjadi kesalahan yang tidak disengaja seperti korsleting, jatuh dan beberapa kesalahan yang tidak disengaja lainnya.

Baca Juga : Beasiswa Jerman S1 yang Wajib Dicoba

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips membeli komputer, semoga informasi yang kami sampaikan tentang tips membeli komputer bermanfaat bagi Anda. Jika Anda masih kekurangan dana untuk membeli suatu unit komputer atau PC, pastikan Anda menyewa PC di I-Frame, sebab I-Frame merupakan jasa rental PC Solo terbaik. Sehingga Anda akan mendapatkan barang dan pelayanan yang terbaik dalam penyewaan PC yang Anda butuhkan.