Daftar Tempat Pendidikan yang Bisa Diakses Oleh Akun Pembelajaran

Platform pendidikan adalah ekosistem perangkat lunak dengan alat yang memberi peserta ajar, guru, orang tua, dan manajer akses ke alat komunikasi, berita, dan sumber tenaga awam bagus di dalam maupun di luar sekolah. Tak hanya mempelajari konten, platform ini juga memberi siswa pengetahuan dan keterampilan teknis yang mereka butuhkan untuk kursus dan profesi di masa depan. 8 platform berikut ini adalah opsi yang diterapkan untuk mempermudah pengerjaan pembelajaran bagus secara tatap muka maupun jarak jauh :

1. Canva for Education

Canva adalah platform desain online yang menyediakan banyak template desain yang dapat kostumisasi cocok dengan keperluan pengguna

2. Tanya BOS

TanyaBOS adalah forum tanya jawab sekalian wadah berbagi pengalaman dan praktik dalam pengelolaan dana BOS, yang jawabannya telah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kemendikbudristek. Sekolah dan siswa dapat memanfaatkan forum tanya jawab tersebut untuk mendapatkan berita mengenai pengelolaan dana BOS.

3. SIMPKB

Cara Berita Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB) adalah induk dalam manajemen spaceman pragmatic play pengembangan keprofesian dan keberlanjutan yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek via Direktorat Jenderal Guru dan Kekuatan Kependidikan. Sobat SMP dapat masuk ke SIMPKB menggunakan menggunakan Surat / SIMPKB-ID (No. UKG) untuk pribadi atau masuk dengan akun Belajar.id untuk multi akses Layanan Aplikasi GTK Kemendikbudristek.

4. Platform Merdeka Mendidik

Kecuali Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mendidik. Platform Merdeka Mendidik mempermudah guru mengajar cocok kesanggupan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Terdapat beberapa menu utama adalah Asesmen Murid, Perangkat Didik, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Kelompok, dan Video Inspirasi.

5. Rumah belajar

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk penemuan kreatif pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Terdapat empat fitur utama dalam platform Rumah Belajar adalah Sumber Belajar, Lab Maya, Kelas Maya, dan Bank Soal. Bagi yang beratensi mencoba platform Rumah Belajar dapat mengaksesnya pada tautan belajar.kemdikbud.go.id

7. Chromebook

Sebagian tahun belakang, Kemendikbudristek via satuan kerja di bawahnya memberikan bantuan berupa Chromebook, variasi komputer baru yang dirancang khusus menggunakan Chrome Operating System yang dikembangkan oleh Google. Penerapan Chromebook yang dikombinasikan dengan akun belajar.id akan menjadi lebih optimal.

8. Google Workspace for Education

Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan bermacam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education antara lain Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slides, dan Google Form. Bagi yang berprofesi sebagai guru, dapat mengoptimalkan fitur-fitur tersebut untuk pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis komputerisasi.