Mulai Hari Ini Peserta UTBK Universitas Pendidikan Indonesia Bisa Cek Lokasi Tes

Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK di Universitas rajazeus rtp Pendidikan Indonesia (UPI) yang berpusat di Bandung mempersilakan peserta untuk memeriksa wilayah tes menjadi Senin, 22 April 2024.

Menurut Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Ahmad Mudzakir, peserta bisa memandang dulu peta universitas di laman formal UPI. “Pengalaman tahun selanjutnya ada lebih dari satu peserta yang tidak benar wilayah atau ruangan,” kata Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Ahmad Mudzakir, Senin, 22 April 2024.

Ketika survei wilayah itu calon peserta cuma bisa mengecek gedung atau wilayah ruangan. Peserta di Pusat UTBK UPI terhitung wajib mengerti pintu gerbang akses mana saja di universitas yang diakses di saat ujian, terhitung tempat parkir. Menurut Ahmad, tempat parkir di didalam universitas bisa digunakan oleh peserta dan disiapkan panitia. “Nanti dapat diatur oleh tim keamanan,” ujarnya.

Akses masuk kendaraan nantinya cuma diakses di gerbang bawah atau di Jalan Setiabudi yang lokasinya dekat bersama masjid kampus. Adapun akses nampak kendaraan melalui gerbang belakang atau dekat Terminal Ledeng. Selain di universitas pusat UPI di Bandung, wilayah ujian peserta UTBK terhitung tersebar di lima universitas tempat yaitu di Cibiru, Sumedang, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Serang di Provinsi Banten.

Ujian pada gelombang pertama pada 30 April – 7 Mei dan gelombang ke-2 menjadi 14 – 20 Mei 2024. Di universitas pusat UPI Bandung, menurut Ahmad, ujian dapat berlangsung sepanjang 17 sesi, universitas UPI Serang 11 sesi. Adapun UTBK di universitas UPI Cibiru, Sumedang, Purwakarta, dan Tasikmalaya, masing-masing sebanyak mirip yaitu 26 sesi. Total per sesi harian dapat ada 1.400 orang peserta UTBK yang ujian.

Pada gelaran UTBK 2024 di UPI, sampai tenggat pendaftaran pada 5 April 2024 pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 25.091 calon peserta yang mendaftar. Namun dikarenakan ada peserta yang tidak sempat mempermanenkan standing pendaftarannya maka kuantitas pendaftarnya berkurang. Total pendaftar di wilayah Pusat UTBK UPI sebanyak 24.889 peserta.

Pada penerimaan mahasiswa baru S1 dari tiga jalur masuk pada 2024, UPI dapat menerima sebanyak 11.181 orang. Alokasi daya tampungnya untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) minimal 20 persen, SNBT paling sedikit 40 persen, dan Seleksi Masuk UPI (SM UPI) maksimal 30 persen. Dari jalur SNBP, UPI telah menerima 3.363 orang. Adapun dari jalur SNBT disiapkan bagi 5.055 orang, dan daya tampung jalur berdiri sendiri 2.763 peserta.