Nadiem: Gerakan Merdeka Belajar bawa pengaruh positif bagi pendidikan RI

JAKARTA – Menteri Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyuarakan Gerakan Merdeka Belajar telah membawa beraneka pengaruh positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

“Untuk mensupport Gerakan Merdeka Belajar, betul-betul membutuhkan slot gacor 777 perjuangan yang luar awam, mulai dari aspek waktu, daya, dan pikiran,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Nadiem menuturkan salah satu pencapaian hal yang demikian yakni merubah cara asesmen menjadi cara yang mengajak para guru untuk mementingkan pemikiran kritis dan kecakapan bernalar yang baik.

Dia menerangkan saat ini telah ada 100.000 Guru Pelopor di seluruh Indonesia yang terus mensupport Gerakan Merdeka Belajar supaya tetap digunakan ke depan.

Kecuali itu, Kemendikbudristek via Gerakan Merdeka Belajar juga telah merubah total cara masuk ke perguruan tinggi menjadi tak diskriminatif.

Malah, dunia pendidikan di Indonesia saat ini memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk satu tahun untuk berkreasi di masyarakat, melaksanakan dana kekal di sektor kebudayaan, dan beraneka variasi temuan.

Nadiem bahkan mengapresiasi hasil kerja keras regu Kemendikbudristek atas beraneka pencapaian dalam kurun waktu lima tahun terakhir hal yang demikian yang membutuhkan dedikasi, integritas, dan kerja keras.

Dia berharap Gerakan Merdeka Belajar akan terus berlanjut, bergelora, dan berguna untuk seluruh masyarakat Indonesia di masa-masa yang akan datang.

“Saya merasa bangga memiliki orang-orang hebat dalam regu Kemendikbudristek,” ujarnya.*