PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Menurut UUD 1945, Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu usaha untuk mencerdaskan dan mencentak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun dan juga bisa selesaikan problem dilingkungannya. Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan anak yang berusia 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya.

Disekolah dasar inilah siswa dituntut untuk menguasai kesemua bidang studi dalam permainan mahjong, bagaimana langkah selesaikan masalah. Akan tetapi, pembelajaran tidak cuma dijalankan di sekolah saja, diluar sekolahpun mirip saja itu merupakan suatu pembelajaran.

Dalam UUD No.20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa pendidikan adalah suatu bisnis mengerti dan terencana untuk mewujudkan keadaan pembelajaran dan sistem studi sehingga peserta didik bisa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk miliki kebolehan spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,bangsa, dan negara.

Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar juga miliki arti yang mirip dengan penjelasan yang terurai diatas, dapat tetapi ada perbedaan dengan audience nya, yaitu siswa kelas dasar 1 sampai 6 yang keputusan materi dan pokok bahasannya diatur didalam GBPP ( Garis-Garis Besar Program Pengajaran).

Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

Tujuan pendidikan sekolah dasar itu sendiri adalah meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan untuk hidup secara mandiri dan mengikuti pendidikan secara lanjut. Selain itu, dengan ada pendidikan dasar ini bisa menjadikan seorang anak membentuk individu yang bisa hidup secara berkelompok.

Fungsi Pendidikan Sekolah Dasar

Ada beberapa manfaat berasal dari pendidikan dasar sebagai acuan sebelum saat melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya, gara-gara terkecuali terhadap tingkat pendidikan dasarnya saja tidak cukup diperhatikan, maka pasti untuk ke tingkat seterusnya juga dapat susah dan jadi tidak cukup baik. Adapun manfaat berasal dari pendidikan dasar menurut Muhammad Ali didalam bukunya (2009:33) adalah sebagai berikut:

1. Dengan lewat pendidikan dasar maka peserta didik dapat dibekali kebolehan dasar yang perihal dengan kebolehan berpikir secara kritis, membaca, menulis, berhitung dan penguasaan – penguasaan dasar untuk mempelajari sainstek dan juga kebolehan didalam berkomunikasi yang merupakan suatu tuntutan kebolehan sedikitnya didalam kehidupan bermasyarakat.

2. Dengan pendidikan dasar bisa mengimbuhkan dasar – dasar untuk bisa mengikuti pendidikan terhadap tingkat selanjutnya. Karena terhadap hakikatnya kesuksesan mengikuti pendidikan di sekolah menengah dan juga perguruan tinggi banyak terpengaruh oleh kesuksesan didalam mengikuti pendidikan dasar.

Kita seluruh mengerti bahwasanya pendidikan dasar sangatlah penting dan amat berpengaruh bagi pertumbuhan bangsa dan negara kedepan. Oleh gara-gara itu marilah kami seluruh untuk mulai membenahi kasus – kasus yang kemungkinan tetap banyak sekali muncul, tidak benar satunya membenahi sarana dan prasana yang baik untuk anak didik.