Peran Penting Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa

Pendidikan kewarganegaraan yakni pembelajaran penting dan komponen yang tak terpisahkan dari kurikulum pendidikan di tingkat SD, SMP, dan SMA. Langsung apakah penting bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk mempelajari pendidikan kewarganegaraan?

Sebelum menjawab pertanyaan hal yang demikian, tentunya kita patut memahami konsep dasar dari pendidikan kewarganegaraan terutamanya dahulu. Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk menyusun generasi penerus bangsa yang memiliki pemikiran kritis dan kesadaran perihal hak dan keharusan mereka dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Melalui pendidikan kewarganegaraan, mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang bagus untuk menjadi warga negara yang cerdas. Dengan pemahaman yang kuat dan penghormatan terhadap negara dan bangsa, Indonesia akan terus berdiri tegak sebagai negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

 

Kecuali itu, Pendidikan kewarganegaraan juga memiliki peran penting dalam menyusun identitas nasional. Dalam Undang-Undang Dasar 1945, Indonesi spaceman slot pragmatic a memberikan pesan supaya setiap individu menjadi manusia yang religius, berkeadilan, memiliki rasa nasionalisme, cerdas, dan berkerakyatan yang adil pada lingkungan sosial yang ada disekitar.

Mahasiswa yang menjadi generasi penerus bangsa memiliki peran penting dan tanggung jawab besar dalam membangun masa depan. Karenanya dari itu, mahasiswa perlu memahami dan memakai pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.

Keberhasilan suatu negara maju bergantung pada dukungan, kwalitas energi kerja, dan loyalitas masyarakatnya. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan memberikan gambaran yang ideal mengenai kewarganegaraan terhadap mahasiswa.

Melalui pendidikan kewarganegaraan, mahasiswa dapat menyadari pentingnya melindungi dan mempertahankan kedaulatan negara kita. Kecuali itu, pendidikan kewarganegaraan juga menolong membangun karakter mahasiswa dengan memaksimalkan wawasan dan motivasi berbangsa, kesadaran undang-undang, serta cinta tanah air.

Mata kuliah ini juga mengajarkan skor-skor demokrasi, undang-undang, dan multikulturalisme. Terdapat beberapa alasan mengapa pendidikan kewarganegaraan memiliki peran penting bagi mahasiswa, seperti:

1) Mempunyai Sikap Toleransi Tinggi: Melalui pendidikan kewarganegaraan, mahasiswa diajarkan untuk memahami adat dan kebiasaan dari bermacam suku yang ada di Indonesia. Dapat ini akan menyusun generasi penerus bangsa yang memiliki sikap toleransi tinggi terhadap sesama.

2) Berdaya Melalui Kritis: Melalui pendidikan kewarganegaraan, mahasiswa dapat belajar berdaya upaya kritis perihal isu-isu nasional hingga internasional. Mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam perubahan sosial dan ekonomi yang terpola dengan bagus.