Rekor SPM Tertinggi Jurusan Pendidikan HST se Kalimantan Selatan, Bupati Aulia: Rangkuman Akademik

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafindi menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atas pencapaian Indeks Standar Kinerja Minimum (SPM) tertinggi di bidang pendidikan di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada tahun 2024 dan Departemen Penuh (84.57).

Aulia mengatakan, hasil penilaian memberikan gambaran sejauh mana pencapaian peningkatan mutu pendidikan di HST telah dicapai.

“Hasil ini tidak hanya menjadi cerminan kinerja kami, namun juga menjadi bahan penelitian untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa depan,” ujarnya.

Hal itu dikatakannya usai menerima penghargaan dari Kemendikbud Ristek yang diberikan kepada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel dalam acara Paparan Kartu Pendidikan Kabupaten HST 2024 di Aula HST, Kamis. 28/3/2024).

Aulia juga menghimbau seluruh jajaran pemerintah daerah, dinas pendidikan, dan slot77 login masyarakat untuk terus bersinergi meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami akan bekerja sama untuk mengidentifikasi permasalahan, mencari solusi dan menerapkan strategi peningkatan pendidikan di Kabupaten HST,” ujarnya dalam siaran pers.

Pihak pengelola menghimbau agar seluruh rapor dapat dijadikan landasan kemajuan berkelanjutan dan peningkatan mutu pendidikan di HST. Menurutnya, melalui kerja sama dan kerja keras, semua pihak dapat mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan masa depan generasi bangsa yang lebih baik.

“Saya berharap penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada pemerintah daerah, guru, tenaga pengajar dan semua pihak yang terlibat untuk meningkatkan pendidikan secara umum,” harapnya. Aulia juga mengapresiasi kerja keras seluruh anggota tim yang bekerja keras melaksanakan program Merdeka di Sekolah Bumi Murakata.

Sementara itu, di Koran Pendidikan Indonesia, orang tua dan masyarakat bisa mengetahui secara singkat kondisi pendidikan di tanah air.

Rapor tersebut memuat indikator-indikator pendidikan, hasil indikator-indikator penting yang menggambarkan keadaan sektor pendidikan di semua jenjang, serta hasil survei nasional (NA) dan beberapa sumber data yang digunakan sebagai alat ukur pendidikan.

Ada pula sistem diseminasi pendidikan (Keputusan Merdeka Belajar-19/Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbud Ristek) nomor 9 Tahun 2022).

Platform ini berisi laporan hasil AN dan analisis data departemen untuk setiap departemen pendidikan di wilayah tersebut.

Rapor tersebut juga menggabungkan berbagai data pendidikan untuk membantu dinas pendidikan, lembaga pendidikan, dan pemerintah daerah dalam mengidentifikasi capaian dan akar penyebab permasalahan, menganalisis dan merancang langkah perbaikan yang efektif berdasarkan data.