Sektor Pengajaran Jadi Fokus Utama Pemulihan

Pemerintah terus mengerjakan sejumlah langkah guna mendukung kerja bersama untuk mengerjakan pemulihan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Memastikan pergerakan kasus Covid-19 mulai terkendali, pemerintah terus memperbarui dan mengerjakan kebijakan untuk memaksimalkan pemulihan sektor pendidikan.

Pemerintah mempunyai opsi pemulihan pembelajaran, seperti mendukung partisipasi peserta didik dalam cara kerja Pelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen aman dan konsisten mematuhi protokol kesehatan pantas SKB 4 menteri,” ungkap Jumeri, Direktur Jenderal Pengajaran Buah Umur Dini, Pengajaran Dasar dan Menengah (Dirjen Paudikdasdikmen), Kemendikbudristek.

Jumeri mengatakan, Kemendikbudristek memberi opsi kepada satuan pendidikan untuk bisa memilih kurikulum pembelajaran slot spaceman paling ideal, serta memberi kelonggaran atas pemakaian dana BOS, dan alokasi dana tersebut bisa dialihkan untuk keperluan prioritas selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Sri Purwaningsih, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Tempat, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mengatakan, terdapat strategi sehingga bisa dijalankan pemerintah sebagai bentuk usaha pemulihan pendidikan pasca pandemi karena diakui pengaruh Covid-19 sektor pendidikan di tanah air ikut serta terjerembab .

“Bersama kementerian terkait secara intensif kita patut terus mengerjakan pembinaan umum dan teknis pantas kewenangan untuk meningkatkan dan menguatkan kapasitas pemerintah tempat (pemda) dalam mengerjakan pemulihan pendidikan di masa pandemi Covid-19 pantas dengan SKB 4 Menteri,” sebut Sri.

Sri juga mendukung para kepala tempat untuk bersinergi dan mendukung kementerian dalam mengerjakan pembelajaran dan pendidikan yang aman di masa pandemi Covid-19. ini bertujuan untuk mencapai pemenuhan layanan pendidikan bagi semua warga negara lebih-lebih bagi si kecil usia PAUD di tempat pelosok.