Standar Pendidikan Guru Terkini di Permendikbudristek Nomor 56

Standar pendidikan guru terbaru ditetapkan dalam Tertib Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 56 Tahun 2022. Tertib ini mencabut Permendikbudristek No. 55 Tahun 2017 dan berlaku mulai 14 November 2022.

Dikutip dari tata tertib terbaru ini, Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 ditetapkan slot online 777 salah satunya karena menimbang Permendikbudristek No. 55 Tahun 2017 perihal Standar Pendidikan Guru telah tak pantas dengan keperluan organisasi dan kebijakan standar pendidikan profesi guru.

Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 memegang perihal standar pendidikan guru, referensi standar program sarjana pendidikan dan standar program PPG dalam menciptakan guru profesional.

Berita Pokok Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022
Pendidikan Guru dikerjakan melalui Program Sarjana Pendidikan dan Program PPG.
Program PPG diselenggarakan oleh LPTK penyelenggara Program PPG yang ditetapkan oleh Mendikbudristek.
Program PPG diselenggarakan dalam bentuk program studi (prodi), terdiri atas satu atau lebih bidang studi.
Pengelolaan dan penyelenggaraan Program Sarjana Pendidikan dan Program PPG yang pada saat ini sedang berjalan konsisten dikerjakan sampai dengan selesai.
Ruang lingkup Standar Pendidikan Guru mencakup:
a. Standar Program Sarjana Pendidikan
b. Standar Program PPG
Standar Pendidikan Guru bertujuan untuk memenuhi capaian pelajaran jebolan, aspek penyelenggaraan, dan instrumen pengembangan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal untuk Program Sarjana Pendidikan dan Program PPG.
Standar Pendidikan Guru berfungsi sebagai referensi bagi Program Sarjana Pendidikan dan Program PPG untuk menciptakan guru profesional.
Pendidikan Guru bertujuan untuk menciptakan guru sebagai pendidik profesional yang nasionalis dan memiliki wawasan global pantas dengan keperluan nasional, lokal, dan/atau perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni adat istiadat.
Standar Program Sarjana Pendidikan terdiri atas:
a. standar pendidikan
b. standar penelitian
c. standar pengabdian kepada masyarakat.
Standar Program PPG terdiri atas:
a. standar pendidikan
b. standar penelitian
c. standar pengabdian kepada masyarakat.