Tips Bekerja Ketika Puasa supaya Konsisten Motivasi dan Produktif

Pola makan dan tidur akan berubah ketika menjalani puasa Ramadan. Makan dan minum cuma bisa dilaksanakan pada dini hari ketika sahur serta malam hari setelah berbuka puasa, dan waktu tidur pun mungkin bisa berkurang.

Jika pola makan tak dikelola dengan ideal, apalagi masih semestinya berprofesi pada pagi sampai petang harinya, puasa yang kau jalani justru bisa memicu munculnya sejumlah keluhan, mulai dari sakit kepala, susah fokus, kelelahan, susah tidur, mood yang tak stabil, sampai masalah pencernaan. Walhasil, kecuali ibadahmu jadi terasa tak nyaman, profesi pun bisa terganggu.

Tips Bekerja Ketika Puasa
Agar kau konsisten bisa berprofesi dengan slot qris baik ketika puasa, kau bisa mengaplikasikan beberapa langkah di bawah ini:

1. Jangan lewatkan makan sahur
Makan sahur dengan menu makanan yang ideal adalah salah satu kunci supaya tubuh bugar dan berenergi ketika berprofesi di siang hari. Pilihlah menu sahur yang mengandung karbohidrat rumit, protein, dan lemak sehat, contohnya dari sayur, buah-buahan, roti gandum, beras merah, atau telor.q

Batasi konsumsi makanan yang terlalu asin dan berlemak ketika sahur, contohnya gorengan atau makanan pesat saji. Soalnya, macam makanan tersebut bisa menyebabkan mulut kering, haus yang berlebihan, sampai kelelahan di siang hari.

2. Perbanyak minum air putih
Beraktivitas di siang hari ketika puasa di mana kau tak dibiarkan minum, rentan bikin dehidrasi. Jika sudah seperti ini, kau bisa susah fokus, sakit kepala, dan mudah murka yang walhasil membuatmu kesulitan mengatasi profesi. Jadi, minumlah air putih yang cukup, adalah 4 gelas ketika sahur serta 4 gelas setelah berbuka puasa dan sebelum tidur.

Hindari konsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau soda sebab bisa menyebabkan frekuensi membuang air kecil meningkat dan membuatmu mudah haus ketika berprofesi di siang hari.

3. Berbuka puasa dengan makanan bergizi
Tentukan menu buka puasa yang sehat supaya energimu terisi kembali setelah berprofesi dan tak mendapatkan asupan selama kurang lebih 13 jam. Pilih macam makanan berprotein dan berserat, contohnya daging ayam, ikan, sayuran, atau biji-bijian utuh.

Jangan terlalu banyak makan gorengan ya, apalagi makanan tinggi lemak dan gula. Bukannya bikin sehat, adat istiadat konsumsi macam makanan tersebut ketika berbuka puasa bisa menyebabkan melonjaknya kadar gula darah, masalah pencernaan, sampai memicu batuk. Pastinya keluhan ini akan mengganggu pekerjaanmu, nih!

4. Manfaatkan waktu rehat siang sebaik mungkin
Waktu rehat siang hari bisa kau manfaatkan untuk tidur siang atau power nap. Selain mengurangi rasa lelah, tidur siang bisa mengembalikan fokus dan fokus kau untuk berprofesi. Melainkan, jangan sampai tidur siang lebih dari 30 menit sebab bisa membuatmu susah tidur di malam hari dan bangun untuk sahur nantinya.

5. Cukupi waktu tidur malam
Di bulan puasa, usahakan tidur lebih pesat dari sebelumnya. Jangan begadang untuk mengatasi profesi, apalagi cuma scrolling media sosial, ya. Jika dirasa tidur malammu masih belum cukup, kau boleh kok kadang kala tidur lagi setelah menyantap sahur. Melainkan, beri sela dulu sampai perut tak terlalu kenyang.

Tidur yang cukup di malam hari bisa membuatmu lebih termotivasi, berenergi, fokus, dan berdaya upaya kreatif ketika berprofesi.

6. Kurangi kesibukan berat
Jika sebelum puasa kau rutin olahraga intensitas tinggi, coba deh ganti dengan olahraga intensitas sedang atau rendah, seperti peregangan tubuh, berjalan kaki, bersepeda santai, atau yoga. Olahraga macam ini tak menguras energi, melainkan konsisten berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

7. Turut buka bersama rekan kerja
Siapa sangka, berbuka puasa bersama sahabat kantor bisa menambah motivasi untuk pergi berprofesi, lho. Bersosialisasi ketika puasa bisa meningkatkan energi sekalian memperkuat relasi dengan rekan kerja. Yuk, buat jadwal untuk berbuka puasa bersama sahabat kantor!

Walaupun sedang berpuasa, kau semestinya konsisten mengoptimalkan performa dan kemampuanmu, ya. Jadi, terapkanlah tips di atas supaya bisa produktif, berenergi, dan termotivasi ketika berprofesi.

Jika kau masih punya pertanyaan berhubungan tips berpuasa sehat untuk pekerja atau pantas dengan kesehatanmu, berkonsultasilah dengan dokter.