tips berkendara jarak jauh

Agar Tidak Cape Ketika Jauh dengan Mobil

Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran jarak jauh sebaiknya berhati-hati. Ada beberapa tips melakukan perjalanan jauh dengan mobil yang perlu diketahui. Adapun salah satu tipsnya adalah membuat rencana sebelum melakukan perjalanan tersebut secara detail, seperti menentukan rute jalan dan lain-lain. Perjalanan Jauh pakai Mobil

Banyak pengguna mobil yang seringkali melakukan perjalanan jarak jauh mengalami masalah seperti terkena macet di tengah jalan sehingga estimasi waktu sampai di tempat tujuan jadi lebih lama. Padahal, mereka bisa saja tidak melewati jalan macet karena sudah menentukan rute jalan yang kondisinya sepi. Oleh karena itu, kamu yang melakukan perjalanan jauh disarankan mengetahui tips-tipsnya agar nyaman dan aman selama berkendara sampai tempat tujuan.

Tips Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil

Selain membuat rencana, ada beberapa tips lain melakukan perjalanan jauh dengan servethiswiththat.com menggunakan mobil yang bisa dilakukan, termasuk oleh yang akan mudik lebaran di tahun ini. Tips ini mudah dilakukan dan tidak akan menyulitkan saat melakukan perjalanan tersebut. Berikut ini adalah tips-tips melakukan perjalanan jauh dengan mobil yang dilansir dari berbagai sumber.

Pilih Mobil yang Cocok untuk Perjalanan Jauh

Tips pertama ini perlu dilakukan untuk kenyamanan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Setelah membuat rencana, pastikan memilih mobil yang cocok untuk perjalanan jauh. Mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) atau MPV (Multi Purpose Vehicle) bisa pilih untuk perjalanan ini. Kedua jenis mobil ini umumnya punya ruang kabin luas untuk memuat banyak orang dan barang.

Baca Juga : PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK SD

Adapun model-modelnya seperti Toyota Fortuner, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan sebagainya. Selain itu, pastikan mobil yang akan digunakan punya konsumsi bahan bakar irit agar pengeluaran tidak membengkak.

Mengecek Kondisi mobil Sebelum Perjalanan

Setelah memilih mobil yang cocok, bisa mengecek kondisi mobilnya terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan jauh. Ini wajib dilakukan di mana pengecekan meliputi bagian mesin hingga ban untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi di tengah perjalanan, seperti salah satunya mogok.

Menyiapkan Barang dari Jauh Hari

Tips selanjutnya yaitu menyiapkan semua barang yang akan dibawa dari jauh hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah ada barang penting yang lupa dibawa. Ada beberapa barang yang biasanya dibawa orang-orang yang sering berpergian jauh, seperti obat-obatan, power bank, dan lain-lain. Disarankan taruh atau simpan barang-barang ini di tempat yang mudah dijangkau.

Bawa Snack dan Minuman

Kamu pastinya akan merasa haus dan lapar saat melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, sebaiknya membawa banyak makanan ringan seperti kudapan (snack) untuk menemani perjalanan di mobil. Snack bisa mengganjal perut yang lapar dalam jangka waktu cukup lama.

Sementara itu, makanan berat atau cepat saji bisa membuat perut terasa kenyang. Saat gerak pun, jadi merasa kurang nyaman. Selain snack, kamu juga perlu menyiapkan air mineral dalam jumlah banyak agar tidak dehidrasi di perjalanan. Bisa juga membawa jenis minuman lain seperti kopi agar tidak mengantuk saat berkendara.

Jangan membawa minuman yang mengandung alkohol. Minuman jenis ini dapat memberi efek kantuk. Selain itu, juga dapat membahayakan pengguna mobil karena bisa membuat tidak fokus selama berkendara.

Istirahat yang Cukup

Sebelum memulai perjalanan jauh, ada baiknya beristirahat yang cukup. Perlu diketahui, salah satu alasan banyak terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi kendaraan yang mengantuk saat berkendara. Oleh karena itu, tips satu ini perlu dilakukan sebelum berangkat. Saat merasa mengantuk, bisa menepi sebentar di pinggir jalan yang tidak terlalu ramai lalu beristirahat sejenak.