UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN PURBALINGGA, POLITEKNIK MADYATHIKA MENJALIN SINERGI DENGAN STAKEHOLDER

Politeknik Madyathika mencoba menggali kurang lebih apa saja yang memungkinkan adanya sinergi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga maupun bersama dengan Stakeholder yang lain. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Politeknik Madyathika, Taufik Dwi Laksono di dalam acara Ramah Tamah dan Diskusi Potensi Kerja Sama Politeknik Madyathika Purbalingga di Gedung Auditorium Lantai 3.

“Karena pendidikan itu tidak hanya menjadi tanggung jawab institusi atau instansi pendidikan saja namun termasuk perlu peran dan juga berasal dari banyak pihak. Dengan makin banyak pihak yang terlibat maka makin banyak dan makin besar hal hal yang dapat kami melakukan untuk Purbalingga,” kata Taufik, Kamis (11/01/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak pihak, baik berasal dari OPD Kabupaten Purbalingga, BUMD, BUMN, SMA dan SMK, Swasta dan UMKM.

“SMA dan SMK kami libatkan gara-gara berdasarkan information yang tersedia potensi mahasiswa berasal dari lulusan SMA/SMK di Purbalingga tahun 2023/2024 sebanyak 11.646 siswa,” tambahnya.

Dengan adanya Peraturan Mendikbud Ristek No. 53 Tahun 2023 tersedia beberapa kesempatan yang mungkin dapat dikerjasamakan yakni perihal bersama dengan praktek mengajar slot server myanmar.
“Tidak menutup mungkin bagi praktisi-praktisi untuk dapat mengajar di universitas kami bersama dengan menularkan pengalaman-pengalamannya, agar mahasiswa dapat mendapatkan gambaran pengaplikasian teori di dunia kerja,” harapnya.

Jadi tersedia beberapa komponen yang memungkinkan kerja mirip layaknya kuliah berbasis proyek, kuliah praktek, kuliah bimbingan kerja, maupun kerja praktek.

“Karena Politeknik ini merupakan Perguruan Tinggi Vokasi menjadi lebih banyak mengarahkan mahasiswanya untuk berkolaborasi bersama dengan dunia kerja,” ucapnya.

Dalam sesi diskusi Taufik memperkenalkan salah satu Pengusaha yang sudah bekerjasama bersama dengan Politeknik Madyathika yakni Doni yang sudah mengeluarkan dana CSR untuk menguliahkan karyawannya.

“Karena karyawan kami basiknya kebanyakan SMK maka untuk menambah kompetensi kami kuliahkan di jurusan Manajemen Konstruksi dan Manajemen Ritel, dan alhamdulillah semuanya sangat impuls berkuliah di Madyathika,” kata Doni.
Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga, R. Budi Setiawan mengemukakan bahwa Politeknik Madyathika memeriahkan dunia perkuliahan di Kabupaten Purbalingga yang mempunyai program studi yang jarang tersedia dan linier bersama dengan beberapa SMK yang tersedia di Purbalingga.