Wartawan Senior di Jogja Ini Lulus S3 di UNY dengan IPK 3,87

Lama berkecimpung di industri media massa, tak menyurutkan semangat wartawan senior di Jogja ini menempuh pendidikan akademik hingga ke jenjang tertinggi. Ronny Sugiantoro MM CHE, wartawan senior di salah satu koran tertua di Indonesia, Kedaulatan Rakyat ini berhasil meraih gelar Doktor (S3) di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Di usianya yang tak lagi muda yakni 64 tahun, Ronny berhasil meraih gelar Doktor Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri slot gacor hari ini Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,87 dan hasil ujian disertasi 90,8. Semangat dan kedisiplinan selama menempuh studi membuat Ronny bisa menyelesaikan studi S3 dengan predikat Cumlaude dalam waktu 2 tahun 2 bulan saja.

Tema disertasi soal penulisan feature di media online

Kepada, Ronny mengatakan, media massa memiliki peranan penting untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Tema ini pula yang menjadi bahasan dalam disertasinya yang berjudul “Penulisan Feature Pariwisata di Media Online, Analisis Wacana Kritis”. Menurutnya, media harus mampu menyajikan pesan atau berita yang diinginkan oleh pembaca. Tidak hanya dari konten namun juga termasuk bagaimana teknis penyampaian berita itu sendiri.

Wartawan senior yang juga dosen Ronny menekankan, saat ini dalam penulisan berita tidak hanya mementingkan pendekatan seleksi, tetapi lebih kepada pendekatan pembentukan berita atau creation of news. “Artinya wartawan sendiri yang membentuk peristiwa, termasuk dalam penulisan yang mengangkat feature pariwisata,” kata Ronny, Senin (1/4/2024).

Wartawan yang juga dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta (STIPARM) ini menerangkan, pengaruh luar biasa dari liputan dan penulisan pariwisata di media online menggunakan gaya penulisan bebas, lugas namun komunikatif, persuasif dan terkadang provokatif, berdampak pada meningkatnya minat pengunjung ke destinasi wisata.

“Pemilihan kata dalam bahasa yang persuasif, sangat berperan penting dalam mengemas materi promosi,” beber Ronny. Ia menambahkan, gaya penulisan wartawan dalam mengemas feature pariwisata menambah daya tarik pengunjung ke destinasi wisata.